Selasa, 25 Desember 2012

Cara Hapus Aplikasi Di Ubuntu

ntuk menginstall / menghapus paket / aplikasi di sistem Ubuntu / Debian, ada dua cara yang dapat dilakukan. Pertama yaitu melalui Graphical User Interface / GUI menggunakan aplikasi bernama Synaptic Package Manager atau menggunakan Software Center. Untuk menggunakan Synaptic, ketikkan di terminal perintah,


sudo synaptic


Saat diminta password, masukkan password user Anda. Anda bisa memulai mencari paket aplikasi yang diinginkan. Klik kanan pada paket yang ingin diinstall ataupun di hapus kemudian pilih install jika ingin menginstall dan pilih remove jika ingin menghapus.

Cara yang kedua adalah melakukannya lewat terminal. Kebanyakan pengguna Linux terbiasa menggunakan cara ini dari pada melalui Synaptic karena lebih cepat dan instan. Tentu saja, kita harus mengetahui dulu paket apa yang ingin diinstall atau dihapus.

Caranya sangat mudah, berikut ini perintah-perintah yang dapat kita gunakan.

Untuk menginstall gunakan perintah berikut:


sudo apt-get install nama-aplikasi



Untuk menghapus gunakan perintah berikut:

sudo apt-get remove nama-aplikasi

Untuk menghapus paket sekaligus semua konfigurasinya:

sudo apt-get remove --purge nama-aplikasi

atau

sudo apt-get purge nama-aplikasi


Untuk melihat daftar aplikasi yang terinstall gunakan perintah:

dpkg --list
dpkg --list | less
dpkg --list | grep -i 'http'



*catatan.
Sebelum menginstall aplikasi melalui terminal, lakukan perintah update untuk mengupdate database aplikasi di sistem sehingga aplikasi yang kita cari bisa ditemukan. Menggunakan perintah:

sudo apt-get update

illank bundrank

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Poskan Komentar