Minggu, 15 Desember 2013

Dasar Bahasa Pemrograman Python

Ada banyak bahasa pemrograman yang sudah dibuat sejak pertama kali diciptakannya komputer. Bahasa-bahasa tersebut ada yang tergolong untuk pembuatan aplikasi umum, namun ada juga yang dirancang untuk membuat suatu aplikasi khusus. Salah satunya adalah Python. Python dapat dijalankan pada sistem operasi Linux, UNIX, dan Windows. Keuntungan dari bahasa pemrograman ini adalah pengurangan source program secara besar-besaran. Python termasuk bahasa pemrograman berorientasi objek.
Bahasa pemrograman python dapat ditulis dalam 3 cara penulisan antara lain :
  1. Mode Interaktif
  2. Mode Script
  3. Mode IDLE

1. Mode Interaktif
Untuk menjalankan Python dengan mode interaktif (command-line interpreter) dan langsung memulai menuliskan kode program. Setiap sistem operasi mempunyai sebuah command-line interpeter, misal: pada Windows mempunyai DOS sebagai CLI-nya, Linux mempunyai Shell sebagai CLI-nya. Mode ini sangat membantu dalam menguji beberapa fitur-fitur dari Python.
Pada sistem operasi Linux, kita bisa menjalankan mode ini dengan menggunakan Terminal. Karena Python merupakan bahasa pemrograman yang sudah terintegrasi dengan Linux, maka kita cukup menuliskan python pada shell prompt.
$ python
Dengan mengetikkan python pada shell prompt, kita akan masuk ke mode interaktif  Python yang akan ditandai dengan “>>>“.
Perintah print digunakan untuk mencetak kalimat yang ditulis di dalam tanda kutip ganda. Sama seperti bahasa shell dimana untuk mencetak suatu kalimat bisa menggunakan perintah echo. Contohnya seperti pada gambar di bawah :
Print “ belajar linux”
2. Mode Script
Kita juga bisa menjalankan Python dengan mengeksekusi langsung sebuah skrip program yang tersimpan dalam sebuah file pada shell prompt. Perlu diingat bahwa extensi file pemrograman python ada baiknya menggunkan extensi .py pada akhir nama file sebagai pembeda dengan file lainnya, walaupun python juga bisa menjalankan file program python tanpa extensi .py. untuk dapat menjalankan cript program yang sudah dibuat sebelumnya cukup jalankan perintah ini :
$ python belajarpython.py
Perintah ini akan mengeksekusi skrip belajarpython.py secara langsung dari direktori yang aktif sekarang. Kita buat dulu file belajarpython.py, kemudian simpan di folder kerja. Dalam menuliskan kode belajarpython.py, kita bisa menggunakan Text Editor yang telah disediakan oleh Linux, bisa menggunakan gedit atau kwrite atau bisa juga menggunakan terminal. Berikut listing kode belajarpython.py.
Mode script menggunakan editor di terminal.
Mode script yang menggunakan editor gedit dan dijalankan melalui terminal.
Keunggulan lain dari python adalah kita tidak perlu merubah akses permission file. Contoh : jika di pemrograman shell kita harus menggunakan chmod 755 belajar.sh agar file tersebut bisa di eksekusi, di pemrograman python hal seperti itu tidak perlu dilakukan.
3. Mode IDLE
Python juga dapat dijalankan pada mode grafik yang disebut mode IDLE. IDLE berbasis Tkinter, wxPython, pyGTK, yang untuk menjalankannya kita harus menginstal Tcl/Tk. IDLE dijalankan langsung dari folder /usr/lib/python2.7/idlelib/. Berikut tampilan IDLE :

illank bundrank

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Poskan Komentar