Minggu, 15 Desember 2013

Belajar Pemrograman Java Dasar dengan Netbeans

Java merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi OOP (Object Oriented Programming), yaitu suatu metode pemrograman yang berorientasi pada Objek, tujuannya untuk mempermudah pengembangan program dengan mengikuti model yang sudah ada pada kehidupan sehari-hari. Saya ambil contoh sebuah Mobil, mobil adalah sebuah Object yang terbentuk dari beberapa objek-objek yang lebih kecil lagi sepeti Mesin, Roda, Kursi, Stir dll. semua nya saling terhubung, berinteraksi, dan berkomunikasi satu sama lainya, nah begitu juga dengan program sebuah objek yang besar terbentuk dari objek-objek yang kecil dan objek-objek itu saling berinteraksi/ mengirimkan pesan dengan objek-objek lainya.
Dalam Pemrograman berbasis Objek, dikenal dengan beberapa elemen-elemen dasar diantaranya :

a. Class penggambaran dari sebuah object. mari kita ambil contoh sebuah alat transportasi, kita tahu bahwa banyak sekali alat transportasi seperti mobil, motor, sepeda, pesawat, kereta nah kita anggap alat transportasi itu sebagai sebuah class.
kemudian pada sebuah kendaraan kita tahu ada terdapat merk, type kendaraan, tahun pembuatan, no kendaraan dll, nah kita anggap itu sebagai sebuah properties.
Selanjutnya sebuah kendaraan itu kita tahu bisa bergerak maju, mundur, bergerak kekiri dan kekanan, mari kita anggap itu sebuah Method.


public class transportasi
{
    public static void main(String[ ] args)
   {
       kendaraan mobil=new mobil();
    }
}

b. Inheritance merupakan proses pewarisan data dari method dan variable class super kepada sub class

public class anak extends bapak
{
    public class anak()
   }
       //program
   }
}

c. Polymorphism merupakan kemampuan objek dapat menerima banyak bentuk. dicontohkan sebuah method dapat mempunyai nama yang sama tetapi dapat menerima parameter yang berbeda.

public belajarpoly (String a) {}
public belajarpoly (String a, int b {}

d. Encapsulation yaitu mengemas sebuah object sehingga ketika akan digunakan kita tidak perlu tahu tentang detail implementasinya, user hanya mengetahui variable input dan ouput.

public void setNama(string a)
{
}
public string getNama()
{
}
Set adalah proses pemberian nilai kedalam method agar selanjutnya dapat diolah, sedangkan Get  proses mendapatkan nilai yang telah diolah

e. Event adalah metode untuk menangani suatu kejadian atau aksi yang diberikan user kepada suatu program, ada 3 jenis event yaitu :
  • Event source : komponen yang mendapatkan sebuah event, yang dapat ditangkap oleh event listener.
  • Event Listener : komponen yang menangkap event yang diberikan oleh event source
  • Event handler : penanganan yang menentukan proses selanjutnya setelah mendapatkan event.
 Contoh : teman saya lapar, saya mempunyai makanan(source), saya mengetahui teman saya lapar(listener), maka saya memberi makanan itu ke teman saya (handler).


f. Exception adalah suatu pengecualian yang terjadi selama program berjalan.

g. Try -Catch merupakan penangkap exception atau kesalahan pada blok try untuk kemudian diberikan pada clause catch.

Try
{
    // program
}
Catch (exception e)
{
    JOptionpane.showMessage (null, e.getMessage());
}

PROGRAM SEDERHANA
sekarang kita akan coba membuat contoh program sederhana Java, untuk menjalankan program java kita memerlukan yaitu JDK (Java Development Kit) yaitu software yang digunakan untuk membangun aplikasi berbasis java, nah teman tinggal download software nya di
 http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/jdk-7-netbeans-download-432126.html
   
 JDK yang akan teman install tersebut nantinya sudah bundled dengan Netbeans yaitu sebuah editor java yang nantinya kita gunakan untuk menulis, compile dan eksekusi program.
pada tulisan ini saya tidak akan membahas bagaimana install program JDK dan Netbeans nya yah, karena sangat mudah sekali, teman tinggal install softwarenya. ok langsung aja kita buat contoh program sederhana nya.
1.  buka software Netbeans kemudian pilih New Project
 

 
 2. pilih kategori java dan projects Java application, dan klik Next

3. buat nama project Hello kemudian finish


4. buatlah contoh program sederhana untuk menampilkan fungsi print kata seperti gambar berikut, setelah itu run project.



PROGRAM GAME LOGIC SEDERAHANA JAVA
1. teman buat kembali New Project dengan nama Fizzbuzz


ok teman, itu adalah 2 contoh program sederhana java dengan menggunakan editor Netbeans, nanti kita sambung lagi dengan contoh2 program java lainya, semoga bermanfaat.

illank bundrank

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Poskan Komentar