Minggu, 15 Desember 2013

tanda dan Gejala dan Tanda Syok

Ketika sahabat sudah tahu apa itu yang dimaksud dengan SYOK, kali ini saya akan menulis gejala dan tanda terjadinya syok pada diri seorang korban. Gejala dan tanda ini tentunya akan memudahkan kita untuk mengenali bahwa korban saat itu sedang mengalami syok, sehingga kita bisa melakukan pertolongan pertama kepadanya.
Kebanyakan gejala dan tanda syok yang terjadi pada setiap korban hampir sama, walaupun penyebabnya terkadang berbeda. Gejala dan tanda akan timbul sesuai dengan semakin beratnya syok yang dialami oleh korban. Nah apa saja gejala dan tanda syok?? Silahkan simak tulisan berikut ini:

Tanda Syok:
1. Nadi Cepat dan Lemah.
    Akibat adanya kekurangan pasokan darah dari jantung, maka respon pertama yang diberikan oleh sistem sirkulasi adalah meningkatkan kecepatan pemompaan oleh jantung. Tujuannya untuk mempertahankan perfusi jaringan sehingga otomatis frekuensi nadi akan bertambah cepat dan dalam keadaan syok nadi bisa berdenyut lebih dari 100 kali/menit. Penurunan jumlah darah yang sangat banyak ini juga akan mengakibatkan penurunan tekanan darah sehingga nadi korban menjadi lemah dan halus.
2. Nadi Cepat dan Dangkal.
    Ketika syok terjadi maka organ tubuh akan segera merespon dengan mengirimkan sinyal ke otak bahwa oksigen yang diperoleh oleh organ tubuh tersebut berkurang. Dan otak dengan segera merespon dan memerintahkan paru-paru untuk bekerja semakin cepat dalam memproduksi oksigen. Nah, semakin parahnya syok maka nafas korban akan semakin cepat, sulit, dangkal dan terkadang tidak teratur. Seperti halnya jantung (tanda no.1), ketika terjadi syok, maka kerja paru-paru akan semakin meningkat.

3. Kulit Pucat, Dingin dan Lembab.
    Tubuh kita memiliki sistem pertahanan sendiri, dalam keadaan darurat peredaran darah akan diarahkan menuju alat tubuh yang paling penting seperti jantung, otak dan lainnya. Hal ini akan menimbulkan dampak pada suhu dan warna kulit yaitu akan menjadi dingin dan pucat juga bisa membuat kulit lembab.

4. Wajah.
    Seperti halnya kulit, wajah juga akan menjadi pucat sebagai tanda kekurangan darah dan oksigen. Terjadi sianosis pada bibir, lidah dan cuping telinga.

5. Mata.
    Ketika syok, akan terjadi pelebaran pada manik mata dan pandangannya hampa.

6. Perubahan Keadaan Mental.
    Kurangnya pasokan oksigen ke otak sangat berpengaruh besar dengan fungsi dan kerja otak. Bila pasokan oksigen ini berkurang walau hanya sedikit, maka akan terjadi perubahan mental seperti gelisah, ingin berkelahi dan adakalanya ini merupakan gejala yang pertama kali terlihat.

Gejala Syok:
Jika tanda-tanda syok di atas terjadi pada seseorang, maka selanjutnya gejala yang timbul pada diri korban adalah:
  1. Mual, bisa juga disertai dengan muntah,
  2. Haus,
  3. Lemah,
  4. Pusing (Vertigo), 
  5. Tidak Nyaman dan takut, terkadang pada beberapa korban pengamatan inilah yang mungkin pertama kali ditemukan.

illank bundrank

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Poskan Komentar